Manfaat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh Manusia! Sejak zaman kuno, madu telah digunakan baik sebagai makanan maupun obat. Kandungannya sangat tinggi dalam senyawa tanaman bermanfaat dan menawarkan beberapa khasiat kesehatan. Madu sangat sehat jika digunakan sebagai pengganti gula rafinasi, yaitu 100% kalori. Berikut adalah manfaat kesehatan utama dari madu.

manfaat madu untuk kesehatan

manfaat madu untuk kesehatan

Madu Mengandung Beberapa Nutrisi

Madu adalah cairan yang manis dan tebal yang dibuat oleh lebah madu. Lebah mengumpulkan gula – terutama nektar bunga yang kaya gula – dari lingkungan mereka. Begitu berada di dalam sarang lebah, mereka berulang kali mengonsumsi, mencerna, dan memuntahkan nektar.

Produk akhirnya adalah madu, cairan yang berfungsi sebagai makanan yang disimpan untuk lebah. Bau, warna dan rasa tergantung pada jenis bunga yang dikunjungi. Nutrisi, 1 sendok makan madu (21 gram) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa , glukosa, maltosa dan sukrosa. Ini mengandung hampir tidak ada serat, lemak atau protein.

Ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, tetapi Anda harus makan sehat untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Di mana madu mempunyai kandungan senyawa tanaman bioaktif dan antioksidan. Jenis yang lebih kental cenderung lebih tinggi pada senyawa ini dibandingkan jenis madu yang lebih encer.

Madu Berkualitas Tinggi Kaya Antioksidan

Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting. Ini termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi dari senyawa ini memberi madu kekuatan antioksidan.

Menariknya, dua penelitian menunjukkan bahwa madu meningkatkan nilai antioksidan dari darah Anda. Ingin mencoba manfaatnya? Cobalah mencermati situs Jual Harga Madu Asli!

Antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Mereka juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

Madu Lebih Baik Daripada Gula untuk Penderita Diabetes

Bukti tentang madu dan diabetes beragam. Di satu sisi, itu dapat mengurangi beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung yang umum pada orang dengan diabetes tipe 2.

Sebagai contoh, ini dapat menurunkan kolesterol LDL, trigliserida, dan peradangan “buruk” sambil meningkatkan kolesterol HDL “baik”. Namun, beberapa penelitian telah menemukan bahwa itu juga dapat meningkatkan kadar gula darah – namun tidak sebanyak gula rafinasi.

Meskipun madu mungkin sedikit lebih baik daripada gula rafinasi untuk penderita diabetes, madu tetap harus dikonsumsi dengan hati-hati. Bahkan, penderita diabetes dapat melakukan yang terbaik dengan meminimalkan semua makanan berkarbohidrat tinggi.

Perlu diingat juga, bahwa jenis madu tertentu dapat dicampur dengan sirup biasa. Meskipun pemalsuan madu adalah ilegal di sebagian besar daerah, ini tetap menjadi masalah yang meluas.

Antioksidan dalam Madu Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung, dan madu dapat membantu menurunkannya.

Ini karena mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah.

Studi pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dari mengkonsumsi madu.

Madu Meningkatkan Kolesterol Baik

Tingkat kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

Jenis kolesterol ini memainkan peran utama dalam aterosklerosis, penumpukan lemak di arteri Anda yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Yang menarik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Ini mengurangi kolesterol LDL total dan “buruk”. Sementara secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

Sebagai contoh, satu penelitian pada 55 pasien membandingkan madu dengan gula pasir. Menemukan bahwa madu menyebabkan penurunan 5,8% pada LDL dan peningkatan kolesterol HDL 3,3%. Ini juga menyebabkan penurunan berat badan sederhana 1,3% ( 18 ).

Madu Dapat Menurunkan Trigliserida

Peningkatan trigliserida darah merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Mereka juga terkait dengan resistensi insulin, penggerak utama diabetes tipe 2.

Kadar trigliserida cenderung meningkat pada diet tinggi gula dan karbohidrat olahan .

Menariknya, beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi madu secara teratur dengan tingkat trigliserida yang lebih rendah, terutama ketika digunakan untuk menggantikan gula. Sebagai contoh, satu studi yang membandingkan madu dan gula menemukan 11–19% tingkat trigliserida yang lebih rendah pada kelompok madu. Besar sekali manfaat madu asli untuk kesehatan Anda kan?