7 Manfaat Yang Didapat Dari Kegiatan Meditasi Untuk Kesehatan

Manfaat Meditasi Untuk Tubuh

Selama ratusan tahun, meditasi telah digunakan di seluruh dunia sebagai cara yang efektif untuk menangani banyak masalah psikologis dan mencapai relaksasi. Di masa lalu, para biksu Himalaya menggunakan meditasi dan menemukan banyak manfaat yang ditawarkannya.

Saat ini, semakin banyak orang yang beralih ke teknik ini untuk tujuan spiritual. Mari kita lihat beberapa manfaat utama yang ditawarkan oleh pendekatan spiritual ini.

1. Manajemen Kecemasan dan Depresi

Menurut banyak penelitian, meditasi dapat membantu Anda mengatasi banyak masalah, seperti depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 3500 partisipan, para peneliti menyimpulkan bahwa teknik itu membantu dalam memperbaiki gejala depresi dan kecemasan.

2. Kekebalan yang Diperkuat

Studi lain membuktikan bahwa kanker payudara bisa dihindari jika latihan relaksasi otot dilakukan secara rutin. Satu studi yang dilakukan pada pasien berusia di atas 50 tahun menunjukkan bahwa teknik ini dapat membantu memicu limfosit yang dapat memperkuat sistem kekebalan Anda. Hasilnya, tubuh menjadi lebih kuat melawan tumor dan virus.

3. Manajemen Tekanan Darah

Jika Anda berlatih meditasi, Anda dapat mengurangi kemungkinan Anda menderita tekanan darah tinggi. Sebuah laporan yang dirilis oleh British Medical Journal menunjukkan bahwa pasien yang melakukan mediasi secara teratur memiliki tingkat tekanan darah yang normal.

Para ahli percaya bahwa praktik ini bisa membuat tubuh Anda kurang responsif terhadap banyak hormon stres termasuk kortisol. Maka dari itu perlu untuk Anda coba lakukan dirumah untuk melancarkan tekanan darah.

4. Pencapaian Kesehatan Emosional

Jika Anda melewati masa lalu yang tersiksa, Anda mungkin tidak berada dalam keadaan emosi yang sehat. Untungnya, bermeditasi secara teratur dapat membantu Anda mencapai keseimbangan emosional.

Faktanya, kesehatan dan keseimbangan emosional Anda saling terkait satu sama lain. Jika Anda tidak dalam kesehatan emosional yang baik, Anda tidak akan dapat melakukan yang terbaik apakah itu pekerjaan rumah rutin atau pekerjaan kantor.

5. Bantuan dari IBS

IBS adalah kependekan dari Irritable Bowel Syndrome. Gangguan ini merupakan salah satu gangguan usus yang paling umum. Pasien yang mengalami IBS menunjukkan banyak gejala, seperti perilaku usus yang aneh, kram, sakit perut, dan kembung, hanya untuk beberapa nama.

Menarik untuk dicatat bahwa sekitar 15% pria dan wanita di seluruh dunia mengalami gangguan ini. Di Amerika Serikat saja, ada sekitar 45 juta orang yang hidup dengan gangguan kesehatan ini. Dengan teknik relaksasi rutin, sangat mungkin untuk mengurangi gejala IBS dan menjalani hidup yang damai.

6. Meningkatkan Kebahagiaan dan Kesejahteraan 

Maria Camara PhD, seorang psikoterapis, mengatakan bahwa meditasi dapat membantu Anda berhubungan dengan kualitas batin Anda yang sebenarnya. Anda dapat mencapai potensi sejati Anda jika Anda menerima siapa Anda sebenarnya. Plus, latihan ini dapat membantu Anda menangani pikiran Anda.

Jadi, kita dapat mengatakan bahwa perhatian penuh dikaitkan dengan kebahagiaan dan ketenangan pikiran. Tanpa ketenangan pikiran, Anda tidak dapat mencapai apa pun dalam hidup. Faktanya, jika Anda tidak memiliki kedamaian dalam hidup Anda, Anda juga tidak dapat menjaga kesehatan Anda.

7. Meningkatkan Konsentrasi dan Kinerja Otak

Perlu Anda ketahui, ternyata meditasi juga mampu untuk meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak juga lho. Karena dengan menengkan diri maka pikiran Anda akan menjadi rileks dan oleh karena itu konsentrasi Anda akan kembali fokus seperti biasanya. Selain itu juga meditasi juga dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih produktif.

Singkatnya, jika Anda ingin menikmati semua manfaat ini, kami sarankan Anda memulai latihan meditasi Anda mulai hari ini. Ada banyak teknik yang bisa Anda coba di awal. Dengan melakukan tujuh tips diatas, Ana bisa merasakan perubahan dalam diri Anda menjadi lebih sehat secara fisik dan mental, semoga bermanfaat.