Cara Mengatasi Masalah Sulit Tidur Dengan Metode Terap Pijat

Atasi Masalah Tidur dengan Terapi Pijat

Hampir semua orang tahu bahwa setelah tidur malam yang nyenyak Anda merasa segar, lebih bahagia, dan fokus. Tetapi ketika Anda belum tidur nyenyak, Anda merasa lebih mudah tersinggung, nafsu makan Anda miring, dan otak Anda sepertinya tidak berfungsi dengan baik.

Dan kemampuan Anda untuk tidur nyenyak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk stres, kecemasan, depresi, makanan seperti kafein atau alkohol, merokok, obat-obatan tertentu, perubahan dalam jadwal tidur Anda tidak teratur.

Beberapa faktor ini dapat diubah dengan mudah, misalnya menghindari kafein dan kemudian melakukan sesuatu yang menenangkan sebelum tidur, tetapi terkadang setelah banyak usaha, rasanya tidak ada yang berhasil. Pada saat ini, Anda mungkin harus mempertimbangkan terapi alami, seperti pijat.

Melakukan terapi pijak juga sangat efektif untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Selain itu juga, cara ini baik untuk mengendurkan otot dan membantu tubuh Anda memiliki ritme yang lebih kondusif untuk tidur.

Pijat berguna untuk membantu Anda tidur sejak Anda masih bayi (jika Anda belum pernah mendengar tentang pijat bayi, lihatlah – pijat juga dapat menawarkan berbagai manfaat lain) hingga dewasa.

Tidak hanya untuk memulihkan diri dari cedera atletik, pijat dapat mengurangi stres, melancarkan sirkulasi, melepaskan ketegangan, menurunkan detak jantung dan tekanan darah, bahkan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda menderita rasa sakit sekaligus sulit tidur, pijat juga dapat membantu Anda: mulai dari sakit punggung, nyeri tungkai, hingga sakit kepala dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Secara ilmiah, terapi pijat akan membantu Anda tidur dengan tidak hanya menghilangkan stres dan ketegangan, tetapi juga dengan merangsang otak Anda untuk memproduksi lebih banyak serotonin.

Endorfin ini, atau ‘bahan kimia yang membuat perasaan nyaman’, biasanya diproduksi untuk memainkan peran dalam menjaga keseimbangan suasana hati dan juga membantu mengatur ritme sirkadian Anda, yang berkaitan dengan siklus tidur dan bangun Anda.

Ketika kadar serotonin Anda seimbang, semuanya baik-baik saja, tetapi ketika rusak, berbagai hal dapat terjadi, misalnya kurang tidur, depresi, dan sebagainya. Obat-obatan tertentu dapat ditawarkan untuk membantu meningkatkan kadar serotonin Anda, tetapi obat-obatan ini sering kali juga memiliki efek samping.

Untungnya, terapi pijat adalah bentuk pengobatan alami dan dapat meningkatkan kadar serotonin sebagai produk sampingan sederhana untuk membantu Anda rileks dan tidak adaefek samping tentunya.

Coba lakukan terapi pijat setidaknya 60 menit pijat (biasanya berlangsung hingga 2 jam) untuk memastikan bahwa terapis memiliki waktu untuk merawat sebagian besar tubuh Anda – ketegangan dapat terbentuk di tempat-tempat yang bahkan tidak Anda sadari.

Kemudian tindak lanjuti perawatan dengan mandi yang baik menggunakan garam Epsom yang terbuat dari magnesium sulfat, senyawa alami yang akan membantu mengendurkan otot Anda, dan membuat tidur Anda menjadi lebih baik.

Jadi, bila Anda mengalami masalah tidur yang tidak teratur Anda bisa mencoba metode pijat agar tidur Anda bisa jadi lebih baik. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan Anda yang memiliki pola tidur yang kurang baik. Selamat mencoba.